10 Kuliner Khas Lombok yang Wajib Kamu Cicipi

Objek wisata terkenal dan populer di Lombok cukup banyak. Sebut saja Pantai Senggigi, Pantai Kuta, Gili Trawangan, Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak, desa wisata Sade, Gili Nanggu, hingga Pantai Tanjung Aan. Namun selain menawarkan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan, Pulau Lombok yang dikenal juga dengan sebutan “Gumi Sasak” ini punya banyak budaya yang menarik untuk disimak dan kuliner yang enak serta lezat untuk dinikmati.

Umumnya, makanan khas Lombok memiliki cita rasa yang pedas dan lezat. Beberapa di antaranya cukup populer dan sangat terkenal di antara para wisatawan.

Khusus buat kamu yang belum familiar dengan kuliner Lombok, jika suatu saat pergi berlibur atau traveling ke Pulau Seribu Masjid ini, kamu wajib mencoba beberapa kuliner khas Sasak berikut ini.

Pelecing adalah rekomendasi kuliner khas lombok bagi kamu yang doyan makanan pedas

Buat kamu yang mengaku doyan makan pedas, kamu bisa mencoba kuliner plecing khas Lombok. Dari sekian banyak kuliner khas lombok yang punya cita rasa pedas, plecing adalah yang paling sering disajikan dengan level kepedasan cukup tinggi.

Pelecing sendiri terbuat dari kangkung rebus yang disajikan dengan sambal serta topping parutan kelapa dan toge. Selain bisa dilalap begitu saja, plecing terkadang dijadikan sebagai sayur atau teman makan.

Bagi kamu yang tidak bisa makan pedas, jangan khawatir! karena ada juga plecing yang rasanya tidak begitu pedas. Dan biasanya, level kepedasan sambalnya bisa dipesan sesuai selera.

Ayam Taliwang

Menu khas lombok lainnya yang cukup populer dan sudah bisa kita jumpai di luar Pulau Lombok adalah Ayam Taliwang. Popularitas Ayam Taliwang tidak lepas dari rasanya yang lezat dan nikmat.

Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Tapi bukan ayam potong, Ayam Taliwang biasanya menggunakan ayam kampung muda yang masih empuk dan dagingnya gurih. Menu kuliner ayam ini juga biasanya disajikan dengan bumbu pedas.

Sayur Ares

Sayur ares memang tidak mudah dijumpai. Karena sayur ini biasanya hanya disajikan apabila ada acara-acara seperti pernikahan atau acara-acara sunatan.

Sayur ares sendiri terbuat dari bagian tengah batang atau pohon pisang. Semakin muda batang yang digunakan, biasanya rasanya pun semakin enak.

Menurut penelitian, selain rasanya enak, sayuran ares memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat tepung serta zat gula.

Nasi Balap Puyung

Apabila berkunjung ke Lombok Tengah, sempatkan diri menikmati makanan khas lombok lainnya yang gurih dan nikmat yaitu, Nasi Balap Puyung.

Nasi ini menggunakan lauk pauk berupa: suwir ayam goreng, kacang tanah, sambal, dan biasanya diberikan lauk pauk tambahan berupa telur.

Sayur kelor

Kelor adalah jenis tanaman sayuran yang sangat mudah dijumpai di pematang-pematang sawah di Lombok. Masyarakat Lombok sangat suka dengan sayur bening kelor yang rasanya segar dan cocok dinikmati pada siang hari dengan sambal.

Makanan khas ini sendiri sering disajikan oleh masyarakat Lombok untuk keluarga mereka, baik di rumah maupun untuk hidangan saat menggarap sawah.

Sate lilit atau sate pusut

Sate khas Lombok yang populer sebenarnya cukup banyak. sebut saja sate Tanjung yang terbuat dari bahan ikan, sate Rembiga, serta sate pusut.

Sate pusut sendiri rasanya cukup gurih. Hal tersebut tidak begitu mengherankan mengingat, sate ini dibuat dari daging sapi yang dicampurkan dengan parutan kelapa.

Kuliner khas lombok Pencok

Kuliner yang satu ini lebih sering disajikan dalam bentuk cemilan atau jajanan. Terbuat dari potongan sagu yang disajikan seperti sate atau sate pentol yang umum kita temukan di pinggir-pinggir jalan.

Pencok merupakan makanan tradisional khas Lombok yang selain terbuat dari sagu dan disajikan berbentuk potongan dadu, juga ada yang terbuat dari kulit sapi dan dicampur dengan tepung kanji.

Keciput

Untuk jajanan khas atau makanan tradisional, keciput adalah salah satu yang cukup populer dan sering dijumpai pada acara-acara besar seperti ngantenan, lebaran idul fitri, atau upacara besar lainnya. Keciput sendiri terbuat dari tepung dibentuk bulat dan biasanya akan ditambahkan biji wijen.

Salah satu ciri khas keciput selain bentuknya yang bulat-bulat seperti kelereng, adalah teksturnya yang sangat keras dengan rasa yang renyah.

Kaliadeg

Makanan tradisional Lombok lainnya yang populer adalah kaliadeng. Makanan khas berbentuk seperti angka 8 ini semakin jarang kita temui di era modern. Walau demikian, kaliadeng biasanya masih bisa dijumpai di acara-acara pernikahan.

Cerorot

Jika kamu datang ke Lombok pada musim-musim nikah seperti bulan November atau Desember, selain bisa menikmati keciput, kaliadeng, hingga kue tarek, kamu juga punya kesempatan lebih besar menikmati makanan tradisional lainnya yang bernama cerorot.

Makanan khas suku Sasak ini punya cita rasa manis-gurih. Karena terbuat dari tepung dan campuran gula serta santan. Cara memakan makanan ini cukup unik, yaitu harus didorong dari bawah.

 

 

Scroll to Top
WhatsApp chat